CARA KERJA KOMPUTE



Gimana sih cara kerja computer? Bagaimana cara computer mengetahui perintah kita? kenapa bisa apa yang kita ketik di keyboard langsung muncul di monitor? Mungkin pernah terlintas dipikiran kita pertanyaan-pertanyaan semacam itu.

Secara garis besar computer dibagi menjadi 3 golongan:
Input -> Proses -> Output
• Input : mouse, keyboard, mic, scanner barcode, dll.
• Proses : CPU, ALU (Aritmatika, data pengolahan)
• Output : Printer, Proyektor, Speaker.

Cara kerja computer:




Ketika user menekan tombol power, ROM BIOS melakukan Power On Self Test (POST) yaitu mendeteksi fungsi-fungsi sistem di dalam komputer termasuk pengecekan semua perangkat yang ada di dalamnya. Jika POST selesai dan semua perangkat menjalankan fungsinya dengan baik, maka tugas menjalankan sistem diambil alih CPU sebagai komando semua pekerjaan yang ada di dalam komputer.
Jadi ketika komputer booting dan sudah selesai melakukan POST, maka CPU membaca sistem operasi dari harddisk, tetapi karena prosesor tidak bisa langsung membaca data dalam harddisk karena kesenjangan perbedaan kecepatan antara prosesor dan hardisk, maka RAM yang mengcopy data/program dari harddisk untuk diproses oleh CPU tersebut.

Data yang datang pada media Input merupakan data digital yang merupakan bilangan Biner ( yaitu bilangan yang habis di bagi dengan dua ) dimana bilangan ini hanya mengenal angka 0 dan 1. data yang datang ke proces merupakan kombinasi dari angka 0 dan 1, yang berbentuk 8 bit data, atau 16 bit atau juga 32 bit,tergantung dari sistem komputer yang digunakan dan processornya pun demikian 8 bit, 16 bit atau 32 bit, BIT ( Binary Digit ).

Fungsi dari komputer secara prinsip sebenarnya cukup sederhana. Komputer mencapai perintah dan data dari memorinya. Perintah dilakukan, hasil disimpan, dan perintah berikutnya dicapai. Prosedur ini berulang sampai komputer dimatikan.

Cara kerja komputer sangat berkaitan erat dengan penyimpanan atau penampungan data. Penyimpanan computer:

•RAM atau singkatan dari Random Access Memory, di mana komponen ini bertugas untuk menyimpan data atau proses secara sementara.
•Register adalah komponen penyimpanan di dalam CPU yang bertugas untuk menampung data yang sedang diproses.
•Harddisk atau USB disk atau perangkat apapun yang sering kita gunakan untuk menyimpan file. Komponen ini bersifat sekunder, di mana akan bertugas untuk menjadi asisten RAM. Jika memori di dalam RAM kurang maka penyimpanan sekunder ini dapat menjadi penampung sementara karena kapasitasnya yang lebih besar dibandingkan RAM.

Nah intinya cara kerja computer dibagi menjadi 3 bagian yaitu input -> proses -> output. Jika ketiganya bekerja bersamaan dengan baik.

Sumber:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tipe dan Satuan Data pada Computer

MANFAAT TEKNOLOGI INFORMASI DALAM BIDANG BISNIS