MANFAAT TEKNOLOGI INFORMASI DALAM BIDANG BISNIS




Sekarang ini sudah masuk ke jaman Modern, semua berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Kemajuan teknologi setiap hari, bahkan setiap detik akan berkembang terus menerus tanpa ada batasnya. Banyak sekali manfaat kita menggunakan teknologi informasi, dalam berbagai bidang, mulai dari bidang pendidikan, bisnis, pemerintahan, social, ekonomi, dll.
Salah satu bidang yang sangat bermanfaat untuk kehidupan manusia sehari-hari adalah bidang bisnis, baik itu bisnis peusahaan besar maupun perusahaan kecil. Para pelaku bisnis sangat merasakan manfaat IT. Berikut ini adalah beberapa manfaat IT di bidang bisnis.

1.Mempermudah Cara Komunikasi

Pada awalnya, komunikasi dalam dunia bisnis dilakukan dengan menggunakan suatu perangkat komunikasi yang disebut telepon, dimana dengan alat ini para pelaku bisnis dapat menyampaikan informasi dan berkomunikasi dengan pihak lain dalam rangka menjalankan bisnisnya.
Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif. Email menjadi salah satu sarana komunikasi antara karyawan, penjual maupun pembeli. Email mudah digunakan dan lebih murah dibandingkan dengan facsimile untuk berkomunikasi.

2. Memperluas Pangsa Pasar.

Dengan adanya kemajuan teknologi dan informasi, para pelaku bisnis dapat memantau beberapa daerah yang berprofit tinggi dan bisa dijadikan lahan untuk meraup keuntungan demi keberlangsungan bisnis yang mereka lakukan. Contohnya, Indonesia merupakan sebuah negara yang terdiri dari banyak SDM yang mencapai angka ratusan juta. Hal ini menarik para pelaku bisnis besar untuk mengepakkan sayap dan memproduksikan bisnisnya ke Indonesia. Hal tersebut menjadi salah satu contoh dalam upaya para pelaku bisnis dalam memperluas usaha bisnisnya.

3. Mengurangi biaya produksi dan operasional.
 
Manfaat IT yang lainnya yaitu mengurangi operasional setiap perusahaan sehingga hal ini dapat menambah jumlah produksi setiap perusahaan dalam memproduksi barang produksinya. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi setiap perusahaan terutama bagi mereka yang sudah menerapkan teknologi yang canggih dalam perusahaannya. 
 
4. Aktivitas Bisnis Selama 24 Jam

Dengan adanya perkembangan teknologi informasi sangat membantu para pelaku bisnis untuk melakukan aktivitas jual beli selama 24 jam, tidak seperti toko offline yang segala aktivitasnya sangat dibatasi oleh ruang dan waktu.

5. Customer Relationship Management

Customer Relationship Management (CRM) sebuah sistem yang dapat menangkap setiap interaksi perusahaan terhadap para pelanggan, sehingga terdapat data kronologis pelanggan jika sewaktu-waktu dibutuhkan, bagaikan data record. Salah satu contohnya pelanggan menghubungi call center karena mendapatkan masalah, mengenai informasi pengiriman barang yang ia pesan. Dengan adanya CRM staff perusahaan dapat segera memberitahukan keberadaan barang pesanan pelanggan. Karena seluruh interaksi disimpan dalam sistem CRM. Pelanggan pun menjadi tenang, karena mendapatkan pelayanan yang memuaskan, Hal ini memberikan keuntungan bagi perusahaan sehingga dapat lebih meningkatkan kinerja terhadap produktivitas.

Peran perkembangan teknologi informasi tidak dapat dipisahkan dari dunia bisnis. Teknologi informasi memberikan kemudahan dalam menjalankan aktivitas bisnis. Diperlukan kreativitas, inovasi dan kegigihan agar bisa bersaing di dalamnya.


http://tulisbaca.com/apa-saja-peran-teknologi-informasi-dalam-bisnis-yuk-baca-ini/
http://manfaat-it.blogspot.co.id/2013/11/manfaat-it-dalam-bidang-bisnis.html
https://taniakharismaya.wordpress.com/2015/05/31/pemanfaatan-teknologi-informasi-dalam-komunikasi-bisnis/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA KERJA KOMPUTE

Sifat, jenis, cara pembuatan, fungsi/kegunaan KOLOID