MANFAAT TEKNOLOGI INFORMASI DALAM BIDANG BISNIS
Sekarang ini sudah masuk ke jaman Modern, semua
berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Kemajuan teknologi setiap hari,
bahkan setiap detik akan berkembang terus menerus tanpa ada batasnya. Banyak sekali
manfaat kita menggunakan teknologi informasi, dalam berbagai bidang, mulai dari
bidang pendidikan, bisnis, pemerintahan, social, ekonomi, dll.
Salah satu bidang yang sangat bermanfaat untuk
kehidupan manusia sehari-hari adalah bidang bisnis, baik itu bisnis peusahaan
besar maupun perusahaan kecil. Para pelaku bisnis sangat merasakan manfaat IT.
Berikut ini adalah beberapa manfaat IT di bidang bisnis.
1.Mempermudah Cara Komunikasi
Pada awalnya, komunikasi dalam dunia bisnis
dilakukan dengan menggunakan suatu perangkat komunikasi yang disebut telepon,
dimana dengan alat ini para pelaku bisnis dapat menyampaikan informasi dan
berkomunikasi dengan pihak lain dalam rangka menjalankan bisnisnya.
Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer
luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu
negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai
sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan
interaktif. Email menjadi salah satu sarana komunikasi antara karyawan, penjual
maupun pembeli. Email mudah digunakan dan lebih murah dibandingkan dengan
facsimile untuk berkomunikasi.
2. Memperluas
Pangsa Pasar.
Dengan adanya kemajuan teknologi dan informasi, para pelaku bisnis dapat memantau beberapa daerah yang berprofit tinggi dan bisa dijadikan lahan untuk meraup keuntungan demi keberlangsungan bisnis yang mereka lakukan. Contohnya, Indonesia merupakan sebuah negara yang terdiri dari banyak SDM yang mencapai angka ratusan juta. Hal ini menarik para pelaku bisnis besar untuk mengepakkan sayap dan memproduksikan bisnisnya ke Indonesia. Hal tersebut menjadi salah satu contoh dalam upaya para pelaku bisnis dalam memperluas usaha bisnisnya.
3. Mengurangi
biaya produksi dan operasional.
Manfaat IT yang lainnya yaitu
mengurangi operasional setiap perusahaan sehingga hal ini dapat menambah jumlah
produksi setiap perusahaan dalam memproduksi barang produksinya. Hal ini tentu
sangat menguntungkan bagi setiap perusahaan terutama bagi mereka yang sudah
menerapkan teknologi yang canggih dalam perusahaannya.
4. Aktivitas Bisnis Selama 24 Jam
Dengan adanya perkembangan teknologi
informasi sangat membantu para pelaku bisnis untuk melakukan aktivitas jual
beli selama 24 jam, tidak seperti toko offline yang segala aktivitasnya sangat
dibatasi oleh ruang dan waktu.
5. Customer Relationship
Management
Customer Relationship Management (CRM)
sebuah sistem yang dapat menangkap setiap interaksi perusahaan terhadap para
pelanggan, sehingga terdapat data kronologis pelanggan jika sewaktu-waktu
dibutuhkan, bagaikan data record. Salah satu contohnya pelanggan menghubungi
call center karena mendapatkan masalah, mengenai informasi pengiriman barang yang
ia pesan. Dengan adanya CRM staff perusahaan dapat segera memberitahukan
keberadaan barang pesanan pelanggan. Karena seluruh interaksi disimpan dalam
sistem CRM. Pelanggan pun menjadi tenang, karena mendapatkan pelayanan yang
memuaskan, Hal ini memberikan keuntungan bagi perusahaan sehingga dapat lebih
meningkatkan kinerja terhadap produktivitas.
Peran perkembangan teknologi informasi tidak dapat
dipisahkan dari dunia bisnis. Teknologi informasi memberikan kemudahan dalam
menjalankan aktivitas bisnis. Diperlukan kreativitas, inovasi dan kegigihan
agar bisa bersaing di dalamnya.
http://manfaat-it.blogspot.co.id/2013/11/manfaat-it-dalam-bidang-bisnis.html
https://taniakharismaya.wordpress.com/2015/05/31/pemanfaatan-teknologi-informasi-dalam-komunikasi-bisnis/
Komentar
Posting Komentar